Pages

My Job My Adventure


Sebagai seorang pengusaha tour planner berbasis website, gw menyadari bahwa banyak hal yg bisa gw jual di website selain paket wisata. Karenanya utk mengurangi rasa suntuk gw di depan laptop (belakangan udah gak pernah turun lapangan bawa tamu karena gw punya guide sendiri), gw pun memutuskan bikin satu halaman yg menjual jasa penyewaan drone di Lombok, Sumbawa dan Labuan Bajo lengkap dengan pilotnya (gw).

Guys, daripada drone di rumah keseringan nganggur kan mending gw duitin. Dan tentu saja, dengan sedikit kemampuan SEO (kemampuan membuat suatu artikel website berada di halaman satu google), beberapa hari kemudian ada yg deal dan gw sambet aja.

Janjian ketemu di Desa Sembagek, Kabupaten Lombok Utara, mereka ternyata dari Production House gitu. Yang megang beberapa program yang tayang di stasiun TV swasta di Indonesia. Jadilah gw ikut bagian dari team (bagian shooting pake drone).


Dusun Sembagek, Desa Sukadana, Lombok Utara
Nah, karena udah jadi bagian dari team, gw pun dapat makan dan hotel gratis. Memang sih awalnya gw minta transportasi, akomodasi dan konsumsi gw ditanggung. Tapi yg ada dipikiran gw waktu itu semacam penginapan sederhana juga gak papa. Eh, malah dapat yg bintang lima. Walopun sekamar sama team sama artisnya juga, ya asik aja dapat teman baru plus ngerasain mevahnya fasilitas hotel.


View Hotel Ombak Sunset, Gili Trawangan dari Drone
Pernah juga gw dapat jalan2 gratis ke Labuan Bajo, Komodo. Udah gratis dapat uang lagi. Makan dan kamar selama sailing ditanggung. Ya gara2 nyewain drone ini.

Waktu itu gw blm bikin iklannya di website, tapi atas rekomendasi teman aja.

Well, bisa marketing itu bagus, tapi banyak teman juga lebih bagus. Menjaga kepercayaan dan pertemanan itu gampang kok. Jujur, saling menghargai dan menghormati. Gak cuman ke teman aja, ke klien kita, ke orang tua, ibu bapak, nenek-nenek yang mau nyebrang, ama kakek2 yg mau manjat pohon kelapa semua harus kita baikin.

Kita gak bakal tau siapa perantara rejeki kita. Tapi yg paling penting dari duit, tentu saja passion kita terhadap apa yg kita geluti. Meski kesan tulisan gw ini apa adanya, tapi setiap ngejob gw selalu menjaga profesionalitas dan service gw. Dari situlag orang menilai hasil kerja kita. Meskipun kerjaan gw rada2 fun, tapi tetap penuh tanggung jawab juga.

So, my job my adventure, my ijasah udah luntur...

2 komentar: