Pages

Snorkling Menikmati Pemandangan Bawah Laut Pulau Kenawa


Gw ke Pulau Kenawa lagi meeeen, nikmatin pemandangan bawah lautnya yang keceh lagi, gak bosen2. Yup, terletak di Desa Poto Tano, Sumbawa Barat, kebetulan sambil nganterin tamu gw dari The Langkah Travel, sambil menyelam minum air. Kerja, jalan2, dapat foto, bisa nulis, bisa ngedit video, bermodalkan Sony M2 Aqua butut gw, jadilah artikel ini.

Untuk menuju Pulau Kenawa, pertama-tama lo harus ke Pelabuhan Kayangan dulu. Dari Kota Mataram menuju pelabuhan Kayangan makan waktu sekitar 2 jam. Lo bisa naik transportasi publik dari Terminal Mandalika Mataram. Setelah sampe di Pelabuhan Kayangan, lo kudu nyebrang pake Kapal Ferry. Kalo lo pejalan kaki, tiket kapal ferrynya Rp 20.000. Kalo lo pake motor, tiketnya 53ribu. Jangan nyusup ya, entar kalo kapalnya kenapa2, lo gak dapat asuransi loh. Hehehe.

Seperti biasa, baru2 naek kapal ferry para pedagang asongan udah rame saja menjajakan barang-barang dagangannya. Udah kayak pasar aja, "Nasi Tambora Menyapa Perut", teriak salah seorang pedagang dengan suaranya yang cempreng. Hehehe. Butuh waktu sekitar 1,5 - 2 jam untuk menyebrang ke Pulau Sumbawa, tepatnya di Pelabuhan Poto Tano. Kalo udah sampe, turun, terus cari tau informasi boat yang bisa disewa untuk menuju Pulau Kenawa. Kalo gak mau ribet, pake jasa travel gw, dijamin memuaskan. #marketing.


Untuk menuju Pulau Kenawa, lo cuma nyebrang sekitar 15 menit aja dan selamat datang di Pulau Kenawa, pulau tanpa penghuni, pulau dengan pemandangan bawah laut yang mengesankan. Waktu kemaren kesini, gw ngecamp, bakar-bakar ikan dan curhat-curhatan sama porter gw. Keesokan paginya baru deh snorklingan. Sumpah men, snorkling aja udah keren banget pemandangan bawah lautnya, apalagi kalo diving ya. Hmm.




Buat kalian yang pengen kesini, silahkan, gak ada yang ngelarang. Tapi jangan buang sampah sembarangan. Terakhir kesini banyak sampah plastik, sisa gelas dan botol minuman dimana2. Sedih banget rasanya. Untungnya gw bawa trashbag lumayan banyak. Setelah snorklingan, gw pungut sampah2 itu, titipin ke boat buat dibuang di darat. Ah, kalo bukan kita sendiri, emang siapa yang mau bersihin lagi? Bapakmu? Gak mungkin kan?





2 komentar: