Pages

Air Terjun Juret Pandan, Lombok Tengah


Lengkapnya sih ada di Dusun Tete Batu, Desa Lantan Daya, Kecamatan Batukliang Utara, Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Negara Indonesia, Benua Asia, Bumi. Jadi buat kalian para alien yang pengen ke air terjun ini silahkan samperin planet kami!

Berawal dari rasa boring tiada tara di akhir pekan yang cerah, gw dan teman gw memutuskan untuk menyibukkan diri. Gw dan teman gw gak ada yg tau ni tempat. Berbekal informasi kalo katanya di Desa Lantan ada air terjun, kami langsung cabut. Mengendarai motor trail berdua kami memulai petualangan kecil ini tanpa berpikir panjang. Just let's do it!!!

Saat tiba di Desa lantan, jurus kompas mulutpun kami gunakan. Nanya sana dan sini. Dari sinilah kami tahu bahwa air terjun yang akan kami tuju bernama Juret Pandan. Dan untuk menuju ke sana, kami harus menghabiskan jalanan beraspal di Desa Lantan sampai nanti ketemu jalan tanah. Jalan tanah yang kami maksudkan di sini adalah jalan setapak yang cukup berliku2, becek, kalo gak motor trail yg lain amblas, matic gak disarankan, menanjak, dan di sekitar jalan tanah tersebut adalah kebun warga. Banyak sekali jenis tanaman yang kami temui. Mulai dari kebun pisang, kebun kopi, kebun nangka, sampe kebun duren. 



Sepanjang perjalanan gw gak berenti2nya berdoa. Selaku korban yang dibonceng menggunakan motor trail oleh race rider wannabe, jantung ini tidak henti-hentinya berdetak (ya iyalah, mati dong kalo berenti). Ditambah lagi track yang kami susuri cukup jauh dan kamipun masih harus bertanya pada orang-orang yang gak sengaja kami temukan sedang berkebun, lengkap dengan celurit di tangan. Ahh, kalo gak gara2 berita begal yang lagi heboh, sw gak parno juga nanyanya. Untungnya meski celurit di tangan kanan, bermuka sangar, beberapa ada yang berkumis tebal, ternyata mereka adalah penunjuk arah yang baik dan budiman. Kamipun ditunjukkan jalan menuju air terjun lengkap dengan duren satu bakul (mimpi kali yeee).

Akhirnya, setelah sekitar 4 kilometer menyusuri jalan yang jahannam tersebut, motor bisa diparkir. Tinggal jalan sebentar gak sampe 10 menit, air terjun dengan kawasan yang dingin itu menyapa kami. Membisikkan kalimat ini ke telinga kami "Selamat datang laki-laki tampan, silahkan menikmati kami, foto kami sepuasmu, narsislah disini, mandilah disini, tapi jangan buang sampah disini"

Gw pun menjawab, "Hai air terjun cantik, aku akan foto kamu, gak akan mengotori kamu, tapi mandi? OGAAAAHHHH"

Akhirnya gw mandi, kalah sama bisikan rayuan Air Terjun Juret Pandan. Dinginnya menusuk tulang. Ah biarlah, apalah guna kejantananku ini bila tidak menjamahmu, Air Terjun Juret Pandan.


8 komentar:

  1. bagus sekali enak buat ngadem, saya pernah ke praya tau gitu saya main-main ke air terjun ini

    BalasHapus
  2. Di Makassar banyak air terjun loh ^^ Mampirlah kapan-kapan jika sempat ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asik diajak mampir. Boleh tuh asal ditemenin. Hehehe

      Hapus
  3. Aku Dari puyung,,, tapi blm pernah Denger tuch air terjun itu,,,

    BalasHapus
  4. Aku Dari puyung,,, tapi blm pernah Denger tuch air terjun itu,,,

    BalasHapus
  5. Mari bergabung dalam KELOMPOK KERJA (POKJA) Geowisata Taman Bumi (GEOPARK) Rinjani-Lombok. Wujudkan NTB beriman sejahtera berdaya saing dengan visi "MELUHURKAN WARISAN BUMI, MENSEJAHTERAKAN MASYARAKAT). www.rinjanigeopark.com

    BalasHapus