Pages

Empat Hari Di Sumbawa (Part 3): Kenawa dan Paserang

Sebenarnya gw rada-rada males nulis. Nie kenapa satu pengalaman part-nya banyak banget yaa... Padahal jalan2 cuman empat hari doang, nulisnya sampe masuk artikel ketiga gini. Wooy, gw ngeblog wee, bukan mau bikin nopel. Kampret.

Tapi ya mo gimana lagi ya, kalo gak dikelarin sie gw kayak kepikiran gitu men. Tenang-tenang gelisah, Malu-malu mau, paru-paru basah. Padahal kan ya belum tentu ada yang baca. Dua part sebelumnya juga yang koment cuman satu biji. Nama akunnya cumicumi lagi. Waktu itu dia koment gini:

But it's okeylah. Meskipun cuman sebiji doang, komenan dari Mas Cumi-Cumi ini yang bikin gw semangat buat ngelanjutin tulisan gw sampe part yang ketiga. Tulisan ini gw dedikasikan buat Mas Cumi-Cumi. Krenn kapan ya bisa digoreng.

Yeayyyy, hebat banget gw pake dedikasi-dedikasikan tulisan segala. Loe kira skripsi nyet? Terus, ini kapan dimulainya sie pembahasan Kenawa dan Paserang? Kan judulnya itu. Okey, kita mulai dalam 1000 999 998 997 996...

Bangun pagi dari Sekongkang, Sumbawa  Barat (klik: part 2) tepatnya di hari ketiga keluar rumah, gw memutuskan untuk melanjutkan perjalanan gw menuju dua pulau tak berpenghuni di kawasan Poto Tano. Dari Sekongkang ke Poto Tano lumayan jauh men, ada tiga jam gitu.

Nyampe di Poto Tano terus ke Paserang dan Kenawa musti nyebrang pake boat setempat. Waktu itu dapat boat yang lumayan nyaman. Gak bocor. Satu boatnya kena 350ribu untuk keliling ke dua pulau tersebut.

Pemandangan yang indah dalam perjalanan terpampang di depan mata gw, dahsyat, Poto Tanonya aja udah keren banget. Jadi, Poto Tano itu semacam pelabuhan penyebrangan kapal fery gitu dari Sumbawa ke Lombok atau sebaliknya. Menurut gw, ini adalah pelabuhan penyebrangan terkeren di Indonesia. Bukan karena fasilitasnya ya, kapal fery Bali - Lombok masih jauh lebih gede. Tapi viewnya itu lho, petcaaahhhh!!!

Poto Tano Sumbawa
On the way to Paserang Island (itu Otoel bukan gw. Gw nya lagi di dalam  baca buku besok ulangan)
Ke Paserang ada kali setengah jam pake boat. Nyampe Paserang gw saranin loe untuk snorkeling dulu sebelum airnya surut. Mana enak coy snorkeling kalo airnya dangkal. Yang ada kaki loe kena karang, luka. Perut loe kena karang, lecet. Gak papa sie, gw lebih khawatir sama karangnya yang loe injak2, susah tau tumbuhnya. Sayang banget kan, terumbu karang di Paserang kalo diinjak2 terus lama2 bisa rusak semua. Ikan2 jadi ilang. Snorkeling cuman liat pasir doang mending gw ke J-Co aja pesen capucino yang keras banget rasanya. Tapi cewek2 yang lalu lalang itu lho, pemandangannya jauh lebih indah daripada snorkeling di tempat yang karangnya udah rusak berat. Yang setuju sama gw boleh traktir gw di J-Co. Untuk pendaftaran silahkan koment di bawah. Diutamakan wanita.

Pulau Paserang Sumbawa Barat
Mandi di Paserang bisa menyebabkan kehitaman. Beware of Monster!!!
Pasir lembut dan pantainya yang jernih, Pulau Paserang
Underwater Paserang. Plisss, jangan dirusak!!!
Satu lagi, di Paserang gak ada orang jualan, jadi sebelum nyebrang, mengemislah terlebih dahulu di pinggir jalan untuk sekedar beli nasi bungkus, roti dan minuman. Kalo bekal udah cukup, jalan dah. Masak juga boleh tapi tetap jaga kebersihan.

Setelah puas di Paserang selama hampir tiga jam, gw memutuskan untuk menunda kehamilan calon ibu anak2 gw. Terpaksa ditunda karena calonnya aja belum ada. Gw udah mencari sampe ke puncak tower telkomsel tapi gak nemu2. Apa mungkin dia tersembunyi di relung kalbu terdalam. Di tempat yang tak seorangpun tahu, di tempat yang hanya bisa ditemukan secara kebetulan waktu lagi nyari Pokemon. Ah, kenapa jadi kesini tulisannya.

Setelah puas di Paserang, gw memutuskan untuk melanjutkan perjalanan menuju Pulau Kenawa. Pulau tak berpenghuni lainnya. Yang lagi nyari jodoh gak disarankan nyari disini. Yg honeymoon, boleh banget! Nie tempat honeymoonable banget dah. Instagramable juga, facebookable, twitterkable, bawa kabel sekalian.

Pulau Kenawa Sumbawa Barat
Dermaga Pulau Kenawa. Cowok diatas namanya Anas. Meski gak setampan gw, kehidupan cintanya lebih ngenes daripada gw (cuma satu kekurangan si Anas, gak punya kelebihan) Minat? PM!
Masih dengan caption yg sering gw pake: Ketampanan ini membunuhku
Beberapa saran gw buat loe yang pengen jalan2 ke Kenawa dan Paserang:

1. Lebih seru kalo sambil camping. Hari pertama loe boleh maen2 ke Paserang dulu sampe puas karena menurut gw disini view underwaternya lebih keren. Baru abis itu loe ke Kenawa, bangun tenda, bangun rumah tangga.

2. Di dua pulau ini gak ada air tawar ataupun warung. Jadi bawalah dari darat. Boatmannya bisa loe mintan tolong buat cariin air galon juga kok, harganya 6000/galon.

3. Wajib snorkeling. Tapi lebih asyik kalo loe bawa alat sendiri. Kalo ngandelin orang2 di sekitar sini, pengalaman gw sering dapat masker bocor. Bahaya banget kan. Gimana kalo dia sampe hamil. Woy! Itu masker bukan kondom. Dasar mesum!

4. Jangan lupa untuk bawa kembali sampahmu.

Bersambung ke Part 4 (Gak usah ditunggu, belum jelas updatenya kapan)