Pages

Jalan-Jalan ke Bukit Pergasingan, Sembalun, Lombok Timur

Jalan-Jalan ke Bukit Pergasingan, Sembalun, Lombok Timur

Beberapa hari yang lalu gw naik Bukit Pergasingan (lagi). Buat gw, gak ada bosan-bosannya menikmati panorama alam yang disediakan oleh bukit yang satu ini. Terletak di Desa Sembalun, untuk menuju Bukit Pergasingan lo harus naik motor duu kurang lebih 3 jam dari Kota Mataram. Jangan lupa bawa jaket karena hawanya dingin banget. Apalagi pas lagi musim panas kayak bulan September gini, dinginnya minta ampun. Ya, Desa Sembalun akan terasa dinginnya di pagi dan malam hari saat musim panas.


Jalan-Jalan ke Bukit Pergasingan, Sembalun, Lombok Timur

Setibanya di Desa Sembalun, gw bareng teman-teman gw yang lain markirin motor di Sekretariat Pemuda Sembalun yang namanya CDC. Disini juga kita membayar tiket masuk menuju Bukit Pergasingan sebesar 10 ribu perak aja. Setelah memastikan alat-alat kami lengkap, tenda, matras, sleeping bag, alat masak, dan logistik, kamipun naik ke bukit yang memiliki ketinggian kurang lebih 1700 mdpl.

Jalan-Jalan ke Bukit Pergasingan, Sembalun, Lombok Timur

Perjalanan ke Bukit Pergasingan sifatnya soft trekking. Untuk sampai ke tempat ngecamp di dekat pohon cemara, kita mendaki selama kurang lebih 2 jam. Jadi kami membawa air beberapa botol untuk persiapan di jalan. Gak usah banyak karena di atas ada mata air kok. Meskipun kecil saat musim kemarau, yang penting kan ngalir, bersih dan jernih.

Perjalanan di satu jam awal cukup menantang. Kemiringan mencapai 70 derajat (ini perkiraan coy).  Selama di perjalanan, tidak henti-hentinya kami takjub menikmati panorama alam Desa Sembalun yang terlihat dari Bukit Pergasingan. Hamparan kebun-kebun warga bak permadani yang menyejukkan mata. Bukit-bukit yang lain berdiri kokoh menemani puncak Sang Rinjani. Sungguh, inilah pemandangan terindah di Pulau Lombok.

Jalan-Jalan ke Bukit Pergasingan, Sembalun, Lombok Timur

Sayang seribu sayang, ada sedikit pemandangan yang cukup mengganggu. Ada kebakaran di Gunung Rinjani. Tampak dari kejauhan asap mengepul. Saat gelap mulai menyapa, terlihatlah api merah yang melahap tumbuhan-tumbuhan yang ditemui. Wuih, kamipun penasaran apa penyebabnya. Tapi pada siapa kami bertanya? Pada ilalang yang begoyangkah? Hehe, akhirnya kami melanjutkan perjalanan dan menyimpan pertanyaan tadi saat turun nanti.

Jalan-Jalan ke Bukit Pergasingan, Sembalun, Lombok Timur


Jalan-Jalan ke Bukit Pergasingan, Sembalun, Lombok Timur

Berangkat pukul 17.00 WITA kami tiba di Puncak Pergasingan pukul 19.30 WITA. Langsung bangun tenda karena dinginnya gak nahan. Ada yang buat api unggun dan ambil air. Setelah itu masak, and enjoy the star. Nikmati bintang2 sambil becanda riang di api unggun. Saat inilah gw ingin berucap, "maka, nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan?".

Keesokan paginya kamipun bangun pagi-pagi sekali agar tidak ketinggalan moment sunrise. Dimana matahari tebit dari balik Bukit Anak Dara dan menyinari Puncak Rinjani secara perlahan. Perpaduan warnanya bagaikan lukisan terindah di balik kanvas. Subhanallah. Maha Suci Allah dengan segala ciptaan-Nya.

Jalan-Jalan ke Bukit Pergasingan, Sembalun, Lombok Timur


Jalan-Jalan ke Bukit Pergasingan, Sembalun, Lombok Timur

Puas menikmati alam pergasingan, setelah sarapan kamipun turun kembali menuju Desa Sembalun. Pengalaman kali ini benar-benar gak akan terlupakan. Oh iya, untuk pertanyaan mengapa Rinjani terbakar, kami menemukan jawabannya saat turun. Ada beberapa kemungkinan. Pertama, kata sumber yang gw lupa tanyain namanya, kebakaran terjadi hampir setiap tahun. Bisa jadi itu karena gesekan antara ilalang kecil sehingga menimbulkan percikan api yang berujung pada kebakaran. Kedua, karena ulah manusia. Entah itu para pendaki yang membuang puntung rokoknya saat masih menyala sembarangan, ataupun warga setempat yang berburu tanpa perlengkapan lengkap. Sehingga saat mereka kedinginan, mereka secara sengaja membakar hutan dan tau2 gede aja. Keget, terus kabur. Demikianlah, banyak penyebabnya. Jika oleh manusia, pasti bisa diminimalisir, setidaknya dari diri sendiri dulu :)

Semua foto di artikel ini gw ambil pake kamera hape oppo butut gw.

#Adv ~> Buat kamu yang pengen ke Bukit Pergasingan dan gak mau repot ngurusin ini itunya, kamu bisa pake jasa travel agent di bawah ini. Terbukti murah tapi bukan murahan!

Paket Wisata Bukit Pergasingan

61 komentar:

  1. hmmmm...jd pngen coba ngecamp dsni...:)

    BalasHapus
  2. Mas mau nanya klo ke bukit pergasingan, brp biaya untuk pemandunya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pemandunya sekitar 200 ribu per hari mas :)

      Hapus
    2. ini pemandu aja atau sekalian porter ya mas? ada kontaknya kah? thankyou.

      Hapus
  3. Mas, kalo dr mataram ada jasa guide ny ga ya buat kesini?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa hubungi perusahaan saya yang keceh, buka aja www.thelangkahtravel.com.
      Entar dilayanin dengan maksimallll!!!

      Hapus
  4. Tp dgr2 skrg agak kotor ya bukitnya?? Rencana oktober ini sy mau ksna sih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pengelola untuk Bukit Pergasingan adalah teman2 dari Sembalun Community Development Centre (SCDC). Mereka adalah pemuda2 setempat yang berkompeten dan peduli pada lingkungannya. Mereka sering share kegiatan bersih2 Gunung Rinjani termasuk Bukit Pergasingan. Jika tetap kotor itu dikarenakan oleh orang2 yang kesana setiap hari dan kebanyakan masih kampungan. Jadi, bantu kami dengan saling mengingatkan agar sampahnya dibawa turun kembali :)

      Hapus
  5. Gan, rencananya ane sama temen2 mau ke lombok agustus gitu, salah satu destinasi pengen kesini. Tp karna masalah waktu, kalau mau pake camping ga sempet. Maunya ga ngecamping segala gitu. Bisa atau ga ya? Kira2 kalo iya musti sampai tempat jam berapa? Makasih atas infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk Agan Adilfi Finasthi, di Bukit Pergasingan view yang keren itu saat sunrise, jadi sebaiknya ngecamp, atau kalo gak naik jam 3 pagi kamu udah bisa nemuin view itu.

      Tapi kalo emang gak bisa jalan malam dan gak mau ngecamp, sebaiknya pagi hari aja start jam 8 dari Sembalun, biar pas trekkingnya gak terlalu panas.

      Hapus
  6. seru amat gan kesana hehe
    makasih udh berbagi pengalamannya, jadi pengen kesana nihh :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih juga gan udah berkunjung ke blog ane.

      Hapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  8. I love this blog! Islaminya ada. Promosinya ada. Go green nya ada. Wisatanya apalagi. Wkwk. Semoga suatu hari sy juga bisa kesana. Aamiin :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiinn Mbak Pici. Thanks ya udah mampir :)

      Hapus
  9. ooiya, klo tendanya kta bwa sendiri ato gmna??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa bawa sendiri, bisa sewa di tempat mbak :)

      Hapus
    2. kangen tempat itu,,kangen suasana malem sambil nikmati purnama dilangit sembalun,,kangen timku yang great banget,,,pokoknya kkangeeeeeen Pergasingan...

      Hapus
  10. alhamdulillaaaah,saya udah kesini tanggal 4-5 april kemaren,,dapet pemandangan plus2 juga karena malemnya cerah banget ditambah adanya purnama yang bikin saya kangen tempat itu lagi,,cobain ke bukit dandaun juga bang,,lebih pendek dari pergasingan tapi lebih dingin..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Okey, udah kok, cuma belum sempat ditulis aja :)

      Hapus
    2. Kapan -kapan posting bukit nanggi juga ya,,bukit merese,,sama bukit anak dara baang...sebelumnyaa..makasi banget udah promo exotic lombok melalui puncak-puncak indah ini...

      Hapus
  11. terima kasih banyak pak untuk postingannya bagus

    BalasHapus
  12. masss apakah harus pake guide daki bukit pergasingann?jalur pendakiannya jelas atau gmn mas?ehehe mohon bimbinngannya:) salam kenal mas

    BalasHapus
  13. Mas Anggit: Jalur pendakiannya cukup jelas mas, tidak pake pun tidak masalah. Tapi saran saya pake aja mas, kalo emang ada rejeki lebih, hitung2 berbagi dengan penduduk lokal di sana :)

    BalasHapus
  14. wah saya udah ke bukit ini.
    untuk yang mau ke liburan ke lombok mungkin bisa cek di www.sasakalombok.com
    disana juga ada penjelsan mengenai bukit anak dara di sembalun

    BalasHapus
  15. memang, skrg sembalun jadi primadona bagi pecinta alam dan pecinta pesiar walopun bukit pegasingan udah terbakar tetep aja banyak yg mendaki. Konon kali konon,, kata warga sembalun sih disitu banyak maksiat pas ada pembersihan byk ditemukan kondom2.

    BalasHapus
  16. sekarang bukit pegasingan udah terbakar, kata masyarakat setempat bukit tersebut banyak menyimpan kondo* second. saat ada kegiatan pmbersihan ada banyak berserakan kondom ditemukan di sana entah (bekas manusia pacaran atau bekas monyet. hh

    BalasHapus
  17. Ada angkutan ke basecampnya gak mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari bandara bisa hubungi jasa transportasi setempat mas. 600 ribu biayanya menggunakan mobil. Jika angkutan umum bisa menggunakan damri terlebih dahuu ke Kota Mataram, terus lanjut naik bus engkel ke Desa Aikmel, lanjut pick up sayur yang menuju Desa Sembalun.

      Hapus
  18. mas ada penginepan gak di sekitar posko CDC itu? trus aman gak buat parkir motor? (kita rencana motoran dr Bali), kita gak ngecamp jd mau naik jam 4/5an pagi. Oh ya malam pergantian tahun pasti rame yang kesini ya mas??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hello Mas Boby, penginapan ada di sekitar Posko CDC. Harganya sekitar 175ribu per malam. Satu kamar buat 2 orang. Untuk motor banyak tempat parkir resmi di bawah bukit, jadi aman. Malam tahun baru? Biasanya rame :)

      Hapus
  19. Salam mas, berapa jarak masa dari erpot lombok ke kaki bukit pergasingan, kami berminat mahu sampai ke sana, adakah perlu gunakan guide atau kami boleh daki sendiri ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam Hairulnizam. Dari airport ke Sembalun jarak masa sekitar 2,5 jam - 3 jam. Untuk transport publik agak susah dari airport jadi sebaiknya pake saja jasa travel agent terpercaya. Saya recommended The Langkah Travel. Ini linknya -> http://thelangkahtravel.com/wisata-lombok-2d1n-menikmati-alam-pergasingan/

      Hapus
  20. pengalaman yang menarik kawan.
    terimakasi telah sharing tempat kami.

    BalasHapus
  21. Salam mas.. Jika setibanya di sana cumaan mau disewa tenda sama alat dapurnya untuk memasak, bisa nggak?
    Jalurnya dibuka sepanjang tahun kan?

    BalasHapus
  22. mas permisi saya rencana kan mau kr sumbawa. nah katanya dari pelabuan berbatasan lombok - sumbawa ke tempat ini deket ya ? bisa di kasih arahan ? sbelumnya salam kenal saya dari Malang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukit Pergasingan tempatnya di Desa Sembalun mas. Dari Pelabuhan Kayangan ke Desa Sembalun sekitar 1,5 jam. Masnya kalo dari Pelabuhan cari angkot aja bilang mau ke AIKMEL, detailnya di Perempatan Pasar Aikmel. Nah dari perempatan itu, mas cari mobil pick up yang biasanya bawa sayur ke Desa Sembalun, numpang dah tuh mobil. Sampe Desa Sembalun, tanya2 aja gerbang masuk Pergasingan di mana. Enaknya sih ngecamp mas, soalnya jalan kaki naik ke atas itu sekitar 2 jam.

      Hapus
  23. wah kayaknya bisa muncak pasti keceee sekali yah... semoga bisa bawa banyak foto keren dah dari sini mantap euuuyyy...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat menikmati mas, jangan lupa share link fotonya dimari ya :D

      Hapus
  24. Batur , mau nanya kalau di bukit pergasingan untuk sewa tenda itu brp ? Dan apakah akomodasi penginapan juga banyak di sekitar ?!
    Matur Tampiasih Batur

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sewa tenda sekitar 30 ribu. Akomodasi banyak sekitar bukit. Kalo gak mau ribet, kontak aja www.thelangkahtravel.com. Recommended (y)

      Hapus
  25. Hai. Kalo mau naik ke bukit pergasingan tp ga pake jasa guide bisa ga ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa saja, tapi lebih baik ditemenin sama yg udh pernah kesana

      Hapus
    2. Bisa saja, tapi lebih baik ditemenin sama yg udh pernah kesana

      Hapus
  26. halo mas harry. Mau tanya dong mas, kalau bawa ibu umur 60tahunan masih sehat, kira-kira kalau menurut sepengalaman mas tanjakannya masih aman terlewatkan gak ya? soalnya kan kalau dilihat2 2jam pendakian seharusnya ga sesulit itu ya, tp agak bingung ngira2nya kalau untuk orang tua gimana karna belum liat langsung tanjakannya. itu dari bawah ke atas udh dibikin tangga semua atau gimana? Atau mungkin mas ada info warga sekitar yang bisa dijadiin porter? Terimakasih ya mas sebelumnya. ditunggu infonya. hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo masih sehat ibu2nya bisa. Adanya guide ama porter akan sangat membantu. Ato pake agent yg jual paket trip kesana untuk memudahkan.

      Hapus
  27. Salam, mas harry rencana akhir bulan mau ngecam ke bukit pergasingan...mhn info untuk sewa porter plus kelengkapan ngecamp berapa mas...dan disana hub siapa adakah cp yg bisa di hubungi...terimakasih

    BalasHapus
  28. Mas klo ke bukit pergasingan sewa guidenya dmna? Saya rencana mw ksana berdua aj. Sabtu minggu rame ga yah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sabtu minggu biasanya rame. Kalo sewa guide biasanya ada di bawah tanya2 aja banyak plangnya kok. Tapi kalo mau semua terencana dengan baik baiknya kontak www.thelangkahtravel.com

      Hapus
  29. Sore mas harry..mas kalo untuk ibu2 yg nda kuat jalan ada jalan lain nda ya mas...mohon info

    BalasHapus
  30. Mas ada contact jasa transportasi dari bandara ke desa sembalun yg low budget untuk 8 orang ga ? Sama mohon info tempat sewa alat ngecamp yang sekitar sana mas.. Terima kasih

    BalasHapus
  31. blognya keren bro. fotonya bagus2...

    ayo traveling ke sembalun ��

    BalasHapus
  32. disini ada parasailing ya? dan berapa biaya nya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sementara ini belum ada kecuali terbang solo dan sudah punya licensi

      Hapus
  33. Salam backpacker.
    Rencannya.insa allah libur natal ini saya sama istri mau explore lombok.dan salah satu destinasi yg akan saya kunjungi.bukit pergasingan.mohon info'y untuk camp di bukit pergasingam di bulan desember akhir kira" cuaca nya gmana ya.??
    Mohon info'y.
    Hatur nuhun

    BalasHapus
  34. Hi saya Dari Malaysia anyone can guide me and how much costing if I travel For 8 days exploring Lombok .. Bukit merese , gili trawangan, Bukit pengansingan sembalun anyone .. Pls DM me at my no +60127460211 via whatsaap 😊

    BalasHapus