Pages

Jalan-jalan Ke Desa Tawun, Sekotong, Lombok

Jalan-jalan Sekotong
Sekotong Pagi Hari Photo By Bang Yon
Hello bray, kali ini cowok cakep tampan mempesona ini mau bagi pengalaman jalan-jalan nya beberapa saat yang lalu di wilayah Sekotong, Lombok Barat. Tepatnya di Desa Tawun. Kalo dari Kota Mataram terus naik motor, waktu yang lo butuhin buat sampai ke lokasi ini kira2 2 jam gitu deh.

Jalan2 kali ini gw bareng beberapa teman gw diajakin sama salah satu senior kita untuk bersilaturahmi ke Sekretariat teman2 Baywatch. Jadi baywatch ini adalah salah satu kelompok masyarakat di Desa Tawun di bawah asuhan Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Lombok Barat yang bertugas menjaga terumbu karang dan hewan2 air yang dilindungi di sekitar perairan ini. Gak hanya itu, mereka juga turut menanam terumbu karang baru lo, atau istilah kerennya konservasi karang. Untunglah, gw pikir senior gw mau ngajakin ke baywatch yg pake bikini kayak di tivi.. *eh

Tiba disana malam hari kita langsung disambut dengan hangat. Orangnya ramah2 mesti tampangnya sangar2. Gw jadi senang karena ada yang senasib sama gw teman gw. Sebelum makan malam dengan menu yang teman2 baywatch udah sediain, teman2 gw yang lain sempet ngajarin gimana cara ngedit foto pake photoshop. Jadi sharing ilmu gitu lah. Kan asik. Iya gak? Ilmu kalo gak dibagi2 macam kentut yg gak bisa keluar, gak enak dah.

Jalan-jalan Sekotong

Jalan-jalan Sekotong

Jalan-jalan Sekotong

Akhirnya waktu yang ditunggu datang juga. Makan malam. Menunya sih cumik sama ikan bakar mentah yg dilengkapi dengan adegan barbeque di pinggir pantai. Gw sih gak kaget, cuman merem melek ngeluarin lidah doang. Berikutnya malam semakin larut, suasana semakin hening, satu demi satu mulai terkapar di Sekretariat Baywatch. Bukan keracunan tapi emang udah pada ngantuk.

Jalan-jalan Sekotong

Jalan-jalan Sekotong

Jalan-jalan Sekotong

Keesokan paginya, bangun2 ada penyu coy. Kaget sebentar terus foto2 bareng dah. Maklum jarang ngeliatnya. Usut punya usut ternyata penyu tersebut diketemuin oleh salah seorang nelayan yg baru pulang mencari nafkah. Salut gw, tingkat kesadaran masyarakat di sini tinggi jg. Hewan yg dilindungi itu dikasi ke teman2 baywatch untuk selanjutnya dilepas dulu di penangkaran dan dirawat. Kalo emang udah benar2 sehat dikembaliin deh ke habitatnya.

Jalan-jalan Sekotong

Tapi yg paling bikin gw senang, adegan ngelepas penyu ke penangkaran salah satu scenenya adalah naik boat. What a beautifull day. Wah, sekalian bisa snorkling nih. Dan benar saja, Om2 yg berwajah sangar tapi berhati ibu rumah tangga itu langsung ngajakin kita naik boat. Waduh, udah kayak berasa naik limusin. Untuk pertama kali gw bakal ngeliat karang2 yg dikonservasi di wilayah ini.

Jalan-jalan Sekotong

Jalan-jalan Sekotong

Jalan-jalan Sekotong

Jalan-jalan Sekotong

Penangkarannya ternyata berada di tengah2 perairan Gitanada. Jadi itu semacam penangkaran terapung dengan banyak ikan di dalamnya. Mulai dari ikan hias, ikan hias, ikan hias, dan nemo. (Sekedar informasi, nemo satu2nya nama ikan laut yg gw tau). Setelah ngelepasin tu penyu ke penangkaran, IT'S SNORKLING TIME, FISHING TIME, AND NYEDUH KOPI TIME. Ada yg bawa trangia gitu deh (trangia adalah alat memasak yg bisa dibawa kemana2 dengan bahan bakar spiritus).

Jalan-jalan Sekotong

Jalan-jalan Sekotong

Jalan-jalan Sekotong

Jalan-jalan Sekotong

Jalan-jalan Sekotong

Setelah semua aktivitas melelahkan yang menyenangkan itu, kita kembali ke daratan. Dan tanpa menghiraukan rasa lelah itu, kami menuju bukit di belakang Hotel Sundancer. And This Time for PARALAYANG ACTIVITY !!! :D :D :D

Jalan-jalan Sekotong

3 komentar: